DECEMBER 9, 2022
BISNIS

Metode "Live Shopping" Tetap Menjadi Primadona UMKM di Tahun 2024

post-img
Ilustrasi pelaku UMKM berjualan dengan metode "live shopping"

JAKARTATERKINI.ID - Perusahaan riset publik, IPSOS, memproyeksikan bahwa metode penjualan live shopping, yang telah diadopsi secara luas oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam ranah digital selama beberapa tahun terakhir, tetap akan menjadi primadona hingga tahun 2024.

Andi Sukma, Direktur Eksekutif IPSOS Indonesia, menegaskan bahwa proyeksi ini didasarkan pada keunggulan yang dimiliki live shopping dibandingkan dengan metode penjualan konvensional di pasar daring.

Baca juga : Peruri Properti Ubah Bekas Bangunan Jadi Restoran Bernuansa Bali

"Fitur ini tetap menjadi favorit para penjual, dengan kemudahan yang ditawarkan, UMKM dapat berinteraksi dengan pembeli secara mudah, membangun keterlibatan, yang menjadi daya tarik sulit ditandingi oleh fitur konvensional," ujar Andi dalam diskusi daring yang diselenggarakan oleh IPSOS Indonesia pada hari Senin.

Temuan ini juga sejalan dengan hasil survei IPSOS Indonesia yang berjudul "Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual". Survei ini melibatkan 360 pelaku UMKM, baik perempuan maupun laki-laki, berusia 18-55 tahun, dari daerah Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar, yang berdagang daring dan menggunakan live shopping sebagai metode penjualan.

Menurut survei tersebut, pelaku UMKM yang secara rutin menggunakan metode live shopping merasakan beberapa dampak positif, termasuk perluasan jangkauan pasar, penghematan biaya promosi, dan pembangunan kepercayaan pelanggan.

Baca juga : Stok Beras Bulog Awal Mei Capai 3,6 Juta Ton

"Sebanyak 73 persen dari mereka yang menggunakan metode ini melaporkan peningkatan omset, 68 persen di antaranya menyatakan dapat memperluas pasar mereka, dan dampak positif lainnya dirasakan oleh pelaku UMKM," tambah Andi.

Dampak lain yang diungkap dalam survei tersebut mencakup penghematan biaya promosi (64 persen), peningkatan interaksi real-time dengan pelanggan (60 persen), peningkatan kepercayaan pelanggan (59 persen), dan peningkatan rasa aman dalam bertransaksi (49 persen).


Tentang Kami

Jakartaterkini.id merupakan transformasi dari Media sosial Instagram Jakarta terkini, yang lahir sejak tahun 2017 silam. Melalui media online kami ingin lebih berkomitmen dalam menghadirkan beragam informasi yang lebih luas, komprehensif dan faktual.

Kami berfokus menjadi media lokal Jakarta yang terkini, sesuai dengan tag line kami, Informasi terkini di Jakarta. Dibawah naungan JTN Media kami terus beradaptasi dalam segala aspek sesuai dengan perkembangan sosial terkini. Selain itu kami juga terus melakukan inovasi terhadap perkembangan teknologi agar dapat memenuhi keinginan khalayak dalam mengakses informasi.

Kami adalah media yang Independent dengan mengedepankan kaidah jurnalistik, disajikan secara berimbang tanpa intervensi.

Bicara Jakarta..?! Jakarta terkini, Informasi terkini di Jakarta, Powered by JTN Media. 

 
Cart