JAKARTATERKINI.ID - Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dari unsur masyarakat, Poengky Indarti, mengingatkan jajaran Polri untuk memperbaiki komunikasi dengan masyarakat yang datang mengadu atau melapor, agar menumbuhkan kepercayaan publik lebih banyak lagi.
"Memang masih ada juga 16,8 persen responden yang lebih suka mengadukan viral melalui media sosial, hal ini harus menjadi perhatian serius bagi Polri agar mempercepat pelayanan serta memperbaiki komunikasi dengan para pengadu," kata Poengky saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
Baca juga : Danrem 043/Garuda Hitam: Proses Hukum akan Ditegakkan dalam Kasus Gugurnya Tiga Polisi di Way Kanan
Menurut Poengky, Kompolnas menemukan bahwa terkadang muncul ketidakpercayaan masyarakat karena komunikasi yang masih belum efektif antara pengadu dan penyidik, sehingga pengadu merasa dicueki dan tidak ada gunanya lapor polisi.
"Dengan komunikasi yang baik serta tertib administrasi penyidikan yang baik, maka kepercayaan masyarakat pasti akan makin meningkat," kata aktivis HAM itu.
Kompolnas menyambut baik hasil survei Litbang Kompas yang merilis bahwa 87,8 persen masyarakat puas dengan kinerja Polri.
Baca juga : Menhub: Jalur Mudik Jakarta-Jateng Siap Sambut Pemudik Lebaran
Hal ini, kata Poengky, merupakan prestasi terbaik yang diraih Polri terkait dengan meningkatnya kepuasan publik.
"Kami berharap hasil survei ini tidak menjadikan anggota Polri jumawa, melainkan terus terpacu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," katanya.