JT - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meluncurkan BigBox AI untuk membantu perusahaan meningkatkan layanan purna jual lewat kecerdasan buatan (AI) dan data, sehingga menaikkan loyalitas pelanggan dan memperkuat reputasi bisnis.
EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa mengatakan BigBox AI merupakan solusi yang menggabungkan teknologi Big Data dan AI.
Baca juga : Kemkomdigi Perkenalkan MudikPedia 2025, Aplikasi Panduan Mudik dalam Genggaman
"Dengan BigBox AI, perusahaan dapat memberikan layanan after sales yang lebih berkualitas guna meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga loyalitas mereka," ujar Komang dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu.
Misalnya, katanya lagi, dengan menggunakan chatbot berbasis AI, perusahaan dapat membantu pelanggan dalam melacak pesanan, menjawab pertanyaan umum dan memberikan solusi dengan cepat.
Teknologi AI dari BigBox AI juga dapat digunakan untuk menganalisis data pelanggan eksisting untuk memberikan rekomendasi perbaikan, layanan tambahan, atau penjadwalan servis secara otomatis.
Baca juga : Fitur School Time dari Google Mudahkan Orang Tua Mengawasi Anak
Dengan teknologi ini, perusahaan bisa meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi waktu tunggu, dan membuat layanan lebih efisien.
Menurut Komang, pelanggan yang puas cenderung merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain, yang dapat membantu perusahaan menarik lebih banyak pelanggan baru.