DECEMBER 9, 2022
TERKINI

YLKI: Kemasan Rokok Idealnya Tidak Menarik untuk Lindungi Konsumen

post-img
Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi saat hadir secara daring dalam diskusi tentang pentingnya standardisasi kemasan rokok bersama Tobacco Control Support Center Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC-IAKMI) di Jakarta, Kamis (9/1/2025). ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari

JT - Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, menyatakan bahwa kemasan rokok, sebagai produk yang dikategorikan tidak normal, seharusnya dirancang tidak menarik.  

"Untuk perlindungan konsumen, kemasan rokok idealnya dibuat tidak semenarik mungkin. Di beberapa negara, iklan dan promosi rokok bahkan sudah dilarang total," kata Tulus dalam diskusi bersama Tobacco Control Support Center Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC-IAKMI) di Jakarta, Kamis (9/1).  

Baca juga : Jokowi: Kepala dan Waka OIKN Mundur karena Alasan Pribadi

Tulus menyoroti bahwa iklan dan promosi rokok di Indonesia masih masif, sehingga fungsi kemasan menjadi salah satu pemicu utama perilaku merokok.  

Tulus mengapresiasi langkah pemerintah melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 yang menetapkan standardisasi kemasan rokok sebagai bagian dari perlindungan konsumen, baik bagi perokok aktif maupun calon perokok.  

"Pemerintah telah meningkatkan peringatan kesehatan bergambar pada kemasan rokok dari 40 persen menjadi 50 persen. Namun, survei YLKI menunjukkan bahwa peringatan ini sering tertutup oleh pita cukai," jelasnya.  

Baca juga : Indrajaya Usul Pilgub Dipilih DPRD, Pilbup dan Pilwalkot Tetap Langsung

Ia berharap regulasi baru ini dapat memastikan peringatan kesehatan bergambar tidak terhalang, sehingga benar-benar memberikan dampak bagi konsumen.  

Selain itu, Tulus mendorong Kementerian Kesehatan untuk segera menyusun Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) guna mengatur implementasi standardisasi kemasan rokok.  


Tentang Kami

Jakartaterkini.id merupakan transformasi dari Media sosial Instagram Jakarta terkini, yang lahir sejak tahun 2017 silam. Melalui media online kami ingin lebih berkomitmen dalam menghadirkan beragam informasi yang lebih luas, komprehensif dan faktual.

Kami berfokus menjadi media lokal Jakarta yang terkini, sesuai dengan tag line kami, Informasi terkini di Jakarta. Dibawah naungan JTN Media kami terus beradaptasi dalam segala aspek sesuai dengan perkembangan sosial terkini. Selain itu kami juga terus melakukan inovasi terhadap perkembangan teknologi agar dapat memenuhi keinginan khalayak dalam mengakses informasi.

Kami adalah media yang Independent dengan mengedepankan kaidah jurnalistik, disajikan secara berimbang tanpa intervensi.

Bicara Jakarta..?! Jakarta terkini, Informasi terkini di Jakarta, Powered by JTN Media. 

 
Cart